jika mau, kita bisa!

akhir-akhir ini aku lagi seneng banget baca blognya radiyta dika, dewi lestari, dan dian sastrowardoyo. bahasa yang mereka gunakan dalam blog itu mudah banget dipahami, ringan, dan tentu aja menghibur.
yang aku suka, mereka itu punya 'voice' sendiri. seperti yang radiyta dika bilang, seorang penulis itu harus punya ciri khas tersendiri, yaitu 'voice' dari yang dia tulis itu. bener juga sih menurut aku, setelah baca beberapa blog. rata-rata dari penulis blog itu punya ciri khas tersendiri untuk gaya menulis mereka. jadi pembaca pun gak akan bosen.

bahasa yang mereka gunakan pun mengalir gitu aja, ga begitu berat, dan tentu aja juga mudah banget dipahami. yang menarik lagi dari blog tersebut adalah cara mereka menginformasikan kepada pembaca agar pembaca pun larut dalam tulisan yang mereka buat. jadi blog itu gak hanya sekedar catatan harian seorang anak sekolahan, tapi blog itu juga berisi informasi yang mereka dapatkan. Gak hanya sekedar catatan terhadap apa yang mereka lalui hari ini. tapi lebih kepada makna dan informasi yang ingin mereka bagi.

setelah aku pikir-pikir, menulis itu gak mudah. bahkan hanya untuk mendokumentasikan apa yang terjadi dengan kita hari ini, itu susah banget.sempet mikir, apa sebenernya menulis itu termasuk bakat??
ato sebenarnya setiap orang bisa nulis, hanya saja butuh waktu untuk terus belajar dan belajar...

aku kagum banget sama orang yang bisa nulis buku yang tebelnya banget banget...
tapi ketika kita baca, mengalir gitu aja, bahkan gak berasa kalo buku itu tebelnya minta ampun. kayak bukunya herpot gitu, atau paling gak tetralogi laskar pelanginya Andrea Hirata.
beda banget sama buku pelajaran, atau hand out kuliah yang meskipun cuma 2 lembar males banget kita baca.
kalo aku pikir-pikir sih itu tergantung dari gaya bahasa yang mereka gunakan, coba aja materi kuliah itu dikemas lebih menarik lagi, atau setidaknya bahasa yang digunakan jangan terlalu ribet.

for the last, untuk mendapatkan 'taste' dari apa yang kita tulis butuh banyak belajar. sesuatu gak bisa diraih gitu aja,perlu usaha.

hoby buka-buka blog orang yang lebih pinter dari kita kayaknya gak masalah deh, yang penting niat kita untuk belajar. bukan bermaksud buat memplagiat.

dikutip dari blognya Dian Sastro "Jika kita ”mau” melihat lebih jauh, kita akan ”mampu” melangkah lebih jauh" (Herry Tjahjono).

Posting Komentar