haram vs halal

Babi identik dengan hewan yang sangat kotor dan jorok. Lihat saja dari kandangnya yang becek dan bau, badannya yang gembul penuh dengan lemak, dan cap haram jika kita memakannya. Jangankan memakan daging babi, menyentuhnya saja sudah dianggap najis.

selama ini, yang saya tau tentang babi adalah hewan yang diharamkan oleh Allah swt untuk dikonsumsi. Dan tentu saja Allah pasti punya alasan mengapa sesuatu itu dilarang atau diperbolehkan.

siang tadi kebetulan saya mendapatkan kuliah anatomi fisiologi manusia, dan topik yang kami bicarakan adalah tentang insulin. Dan pembicaraan ini akhirnya tertuju keinsulin babi. dosen saya bilang struktur DNA babi itu mirip sekali dengan DNA manusia, jadi apabila kita secara sengaja ataupun tidak sengaja memakan daging babi sifat dari babi itu dapat menurun kemanusia. Sifat dari babi yang disebutkan oleh dosen saya adalah bakhil atau pelit, dan yang lebih parahnya lagi terkadang babi mau memakan kotorannya sendiri. Sehingga tidak heran jika didalam tubuh babi ini banyak terdapat cacing pita.

Banyak produk-produk makanan yang mungkin tanpa kita sadari mengandung unsur babi. Seperti coklat, keju, penyedap rasa dll.
Juga terdapat beberapa kasus tentang insulin yang disuntikan kemanusia ternyata adalah insulin yang mengandung unsur babi. ada juga yang mencangkok ginjal yang ternyata ginjalnya itu bukan berasal dari manusia melainkan berasal dari babi.
Jadi untuk menghindari kasus-kasus yang terjadi diatas, sebaiknya kita harus lebih berhati-hati dalam memilih produk makanan, sebaiknya belilah makanan yang ada label "halal" atau lihatlah komposisi yang ada dibelakang kemasan. Apabila ada bahan yang mencurigakan sebaiknya anda menghindari produk tersebut.
Dan apabila anda ingin cangkok ginjal ataupun ingin menggunakan insulin pastikan bahwa keduanya bebas dari unsur babi.
Tanyakan kepada pakar kesehatan apakah insulin itu benar-benar bersih dari unsur babi.

Ternyata makanan itu dapat mempengaruhi perilaku kita. Jadi kalau kita malas untuk beribadah atau diri kita tidak peka untuk berbuat baik, mungkin ada yang salah dengan apa yang anda makan. Makanlah sesuatu yang bermanfaat bagi tubuh kita. Jangan hanya memakan sesuatu yang membuat perut anda semakin buncit tapi tak bermanfaat sama sekali.

Posting Komentar